PENERIMAN SISWA BARU TINGKAT SD


PENERIMAN SISWA BARU
Dalam rangka seleksi penerimaan siswa baru Madrasah Ibtidaiyyah Luqman Al-Hakim Pondok Pesntren Hidayatullah Medan Tanjung Morawa, maka dilakukan Observasi Calon Siswa dan wawancra orangtua.
Tujuan observasi ini adalah:
1-      Untuk mengetahui tentang Kepridian anak atau calon siswa
2-      Untuk mengetahui tentang kemampuan Motoric kasar calon siswa  yang meliputi Keseimbangan badan, ketangkasan serta kekuatan fisik,
3-      Untuk mengetahui kemampun Motorik halus calon siswa yang meliputi  kemmpuan menulis dan mewarnai.
4-      Untuk mengetahu sejauh mana kemampuan komunikasi, interaksi dan sosialisasi calon siswa dengan keluarga ,masyarakat sekitar serta  lingkungannya.
5-      Untuk mengetahu sejauh mana kemampuan  dasar membca  calon siswa,  seperti , mengenal huruf latin maupun Arab dan  angka.
Observasi calon siswa ini dilakukan dengan  cara yang menyenangkan , melalui permainan dan simulasi, sehingga  tujuan observasi tetap bisa dicapai tanpa  harus membuat calon siswa merasa tegang ,terbebani  tetapi justru  merasa nyaman dan enjoy.
Wawancara  Orangtua :
Tidak hanya calon siswa saja yang di observasi, namun juga para orantua calon siswa. Dalam Obesrvasi orangtua calon siswa maka dilakukan wawancara dengan orangtua untuk mengetahu :
1-      Apa sebenarnya yang menjadi Motivsi orngtua sehingga mereka  memilih sekolah ini menjadi partner untuk membimbing anak-anak mereka dalam menempuh pendidikan dasar.
2-      Apa Harapan orangtua untuk anak-anak mereka setelah mereka menitipkan anak-anak mereka disekolah ini.
3-      Bagaimana sebenarnya Kondisi calon siswa dirumah : baik itu menyakngkut kesehatan sang anak, hubungan antara anak dengan keluarga serta kondisi lingkungan sekitarnya.
4-      Bagaimana Pola asuh yang biasa dilakukan oleh orangtua dalam keluarga terhdap anak-anak mereka selama ini.
5-      Bagaimana Kesiapan orangtua untuik ikut serta dalam membantu proses pendidikan nantinya
6-      Bagaimna Kesiapan orangtua ntuk mengikuti tata tertib yang berlaku bagi anak-anak mereka agar tercapai tujuan bersama dalam pendidikan
 Dengan adanya observasi dan wawancara calon orangtua , maka pihak sekolah  bisa mendapatkan  data serta gambaran awal secara baik dan benar tentang kondisi calon siswa dan orangtuanya , serta latar belakang keluarga dan situasi lingkuangan dimana calon siswa berada.  Dengan demikian maka pihak sekolah bisa menyusun  langkah-langkah  penanganan masalah siswa serta menyusun strategi  mupun pendekatan pembelajaran sehingga bisa memudahkan dalam proses pendidikan dan pengajaran.