Perkuat Kolaborasi dan Peningkatan Kualitas, STIQ Ajak Kerjasama UINSU

 
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan dan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Ash- Shiddiq Medan (STIQ Ash-Shiddiq) resmi menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) pada Kamis  (30/05/2024) dalam upaya memperkuat kolaborasi dan peningkatan kualitas pendidikan serta riset di kedua institusi.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di Aula Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UINSU yang menandai langkah awal untuk kolaborasi dalam riset kolaboratif. Selain itu, MoU juga mencakup kerja sama dalam peningkatan akreditasi program studi, serta pertukaran mahasiswa.
Dr. Maraimbang, MA Dekan FUSI UINSU menyatakan “kerja sama ini merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan riset di kedua institusi. Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat saling mendukung dan memperkuat potensi riset dan pengembangan di berbagai bidang.”
Dalam Kesempatan yang sama Ketua STIQ Ash Shiddiq Medan H. Tonang, Lc, MA, Ph.D menyatakan bahwa sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk bisa melakukan MOU dengan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN SU yang dianggapnya sebagai Ayah dan Guru  karena sebagai Perguruan Tinggi yang baru, kami akan belajar dan dibimbing sehingga dapat tercipta kolaborasi yang seimbang dan saling memberikan kontribusi bagi kedua belah pihak. “Tentunya kesempatan ini menjadi sarana belajar bagi STIQ Ash Shiddiq mengingat kiprah UINSU yang sudah begitu luas sehingga ini akan menjadikan percepatan bagi STIQ.”

Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU tersebut antara lain Wakil Dekan 1 Dr. Elly, M.Ag, Wakil Dekan 3 Dr. Ukbatul Khoir Daulay, MA,  Ka. Prodi S2 Ilmu Hadist Dr. Nurliana Damanik, M.Ag, Ka Prodi S3 Ilmu Hadist Prof Dr. Dziaqulhaq, MA, Prodi Ilmu Al Quran dan tafsir Dr. Ali Darta dan Guru Besar Tamu baik untuk IAT UINSU dan STIQ Ash Shiddiq Prof. Shalahuddin dari India
Sementara dari STIQ Ash Shiddiq Medan turut hadir Ka. Dep. Dikti Hidayatullah Tanjung Morawa Darmawan S, SE, MSi, beberapa Dosen STIQ Ash Shiddiq yaitu Dr. (cand) Mahmud Djaelani, Mag, Dr. (cand) Syamsul Amry, MA.  dan Agustianda, M.Ag.
Ditempat terpisah Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Medan KH Ali Ibrahim Akbar, M.Pd menyatakan  bahwa rasa syukurnya dapat terjalin kerjan sama antara FUSI UINSU dan STIQ Ash Shiddiq Hidayatullah yang diwujudkann dalam penandatanganan MOU. “Kami berharap kerja sama ini khususnya bagi STIQ Ash Shiddiq tidak hanya akan memperkaya pengalaman akademik mahasiswa, tetapi juga akan memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan dan kemajuan kedua belah pihak”